Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu 'alaikum artikel-artikel dalam blog ini semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan saya sendiri

Jumat, 20 April 2012

Indikasi Bunyi Beep Pada PC

Bunyi-bunyi Pada PC

Bunyi pada PC biasa disebut beep code , beep code ini bisa dianalogikan seperti foto aura pada manusia yang bisa mendeteksi  segala penyakit. Begitu pula dengan beep code yang ada pada setiap PC, cukup dengan menyimak suara khas yang ditimbulkan oleh PC yang sedang bermasalah, maka kita bisa mengidentifikasi “penyakit” apa yang sedang dialami oleh PC kita.

Standar yang biasa dipakai pada sebagian PC dari beep code ini yaitu buatan phoenix dan American Megatrends Inc. untuk mengetahuinya, cukup dengan melihat buku manual motherboard kita punya atau dengan merestart PC kita dan masuklah ke sistem bios. Disitu bisa kita temukan sistem bios yang dipakai.
Ada 11 beep code yang bisa kita  indetifikasi diantaranya ialah:
1. Tanpa ada bunyi sama sekali
Jika tidak terdengar bunyi sama sekali pada bios, berarti ada 3 kemungkinan masalah yang sedang dihadapi PC kita.
  1. coba periksa power supply komputer kita, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Kalau memang tidak ada tegangan sama sekali yang masuk, berarti masalah memang ada pada komponen tersebut.
  2. Kemungkinan Motherboar kita sedang bermasalah, periksa apakah motherboard yang kita pakai masih berfungsi bagus atau tidak.
  3. Kemungkinan terakhir yang bisa kita periksa ialah speaker internal yang ada di motherboard yang bermasalah. Atau memang speaker tersebut tidak terpasang pada jack yang sesuai
2. Beep satu kali
Bunyi sekali ini menandakan semua komponen pada PC bekerja dengan baik. Jika yang terjadi ialah bunyi satu kali ini tetap terdengar tetapi tidak ada gambar apapun yang terlihat di monitor, maka kita bisa cek apakah kabel interface dari monitor sudah terhubung  pada port video yang sesuai atau tidak. Jika PC kita memakai kartu grafis, tentulah kabel monitor harus terhubung pada port video yang ada di kartu grafis nya bukan di port video yang ada di motherboard. Tapi, kalau semua itu sudah oke namun gambar tetap tidak terlihat pada layar monitor, bisa dipastikan motherboard kita mengalami masalah dengan Chip yang berhubungan dengan urusan grafis. Langkah pertama yang dilakukan mereset SIMM dan kemudian lakukanlah booting ulang. Jika kondisinya masih tetap sama, ini menandakan salah satu Chip memang rusak. Langkah satu-satunya yang paling aman adalah dengan mengganti kartu grafis. L
3. Beep dua kali
Ini menandakan ada yang kurang beres pada memori PC. Periksa fasilitas video atau grafis yang ada. Jika fasilitas video ini bekerja dengan baik, pada monitor akan tampak pesan error. Apabila fasilitas ini memang tidak bekerja, berarti ada masalah dengan parity pada bagian 64KB yang pertama. Yang harus kita lakukan adalah memeriksa SIMM yang ada. Pasang kembali komponen ini secara benar kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi sebanyak ini masih saja terdengar, berarti kerusakan  ada pada Chip memorinya. Cara lain juga bisa kita lakukan ialah dengan menukar kedudukan Chip memori yang pertama dengan yang kedua. Ada baiknya periksa dahulu pada buku manual mana tempat kedudukan memori pertama pada motherboard yang anda pakai. Apabila yang dipakai ternyata masih dalam kondisi prima, itu berarti kerusakan ada pada motherboard.
4. Beep tiga kali
Bunyi tiga kali ini hampir sama dengan bunyi dua kali. Biasanya bunyi ini menandakan kerusakan atau kesalahan yang hampir sama dengan bunyi beep dua kali.
5. Beep empat kali
Kesalah yang terjadi menyebabkan bios “bersuara” sebanyak ini hampir sama dengan bunyi beep dua kali maupun tiga kali. Langkah-langkah nomor tiga bisa dilakukan kembali untuk memeriksa kesalahannya. Pada bunyi beep sebanyak ini juga bisa disebabkan karena timer apda PC kurang berfungsi dengan baik.
6. Beep lima kali
Ini menandakan motherboard kita memberitahukan bahwa ada sesuatu hal yang berhubungan dengan memori. Periksa memori, apakah kedudukannya suda benar. Setelah itu lakukan booting ulang. Kalau langkah tersebut sudah dilakukan tetapi bios masih saja mengeluarkan bunyi yang sama, itu tandanya motherboard harus diganti L. Ada cara lain yang bisa dilakukan bila masalah ini terjadi. Ganti prosesor, meski cara ini bisa dibilang banyak resikonya, ialah MAHAL
7. Beep enam kali
Kalau bios “menangis” sebanyak ini, berarti masalah yang sedang terjadi ialah pada Chipset di motherboard yang mengedalikan fungsi keyboard PC kita. Atur kembali kedudukan Chipset tersebut jika ternyata didapati chip ini tidak disolder. Jika beep sebanyak ini masih saja terdengar, gantilah chipset ini jika mungkin. Jika tidak, lagi-lagi dengan amat terpaksa kita harus mengganti motherboard, apalagi didapati chipset ini memang sudah tersolder “mati” pada body nya.
8. Beep tujuh kali
Siap-siaplah menanggung rugi lumaya gede. Kemungkinan  prosesor ada yang patah salah satu kakinya atau prosesor tersebut tidak berjalan dengan semestinya. Kemungkinan kedua. Motherboard ada yang kurang beres.
9. Beep delapan kali
Dapat dipastikan ada masalah yang terjadi dengan kartu grafis yang kita pakai. Pastikan kartu grafis terpasang dengan benar pada port-nya. Jika ternyata bios masih tetap mengeluarkan suara sebanyak ini, itu berarti kartu grafis dalam keadaan rusak dan memori yang ada padanya rusak seluruhnya. Cara paling bijak dilakukan ialah mengganti kartu grafis yang kita pakai.
10. Beep sembilan kali
Ini artinya bios kita rusak. Ganti bios tersebut atau upgrade bios. Kalau masih rusak juga, ganti motherboard nya.
11. Beep sepuluh kali
Masalah terletak pada bagian dalam CMOS. Semua chip yang terhubung dengan CMOS sebaiknya diganti, akibat CMOS yang rusak tersebut. Kiat yang paling jitu untuk mengatasi masalah ini lagi-lagi adalah kita harus mengganti motherboard dengan yang baru atau beli yang second juga gak apa-apa.
12. Beep sebelas kali
Jika bunyi sebanyak ini yang kita dengar, berarti masalah terletak pada chace memori dan PC akan secara otomatis men-disable-nya buat kita. Yang harus kita lakukan adalah mengaktifkannya kembalai dengan menekan tombol ctrl-alt-shift-+. Tapi jika kiat ini tidak berhasil. Lagi lagi kata ”Ganti” yang menjadi solusi nya, yaitu dengan ganti memori kita.

1 komentar: